Bersatu, Berjuang Rebut Hak Sejahtera,

Lawan Kapitalisme Imperialisme!

image

Manifesto SPRI

Sepanjang sejarah Reformasi di Indonesia, tak ada kisah tentang kemakmuran. Harga-harga pangan tak pernah turun, biaya pendidikan dan kesehatan terus meningkat, pun demikian dengan tarif dasar listrik dan Bahan Bakar Minyak. Sehingga sungguh bohong kalau BPS menyatakan bahwa terjadi penurunan angka kemiskinan. Karena menurut kami kemiskinan di Indonesia semakin hari semakin merajalela.

 

Rakyat Indonesia tidak pernah ingin menjadi miskin. Rakyat Indonesia dengan segala kemampuannya terus berjuang untuk melawan kemiskinan dan kebodohan. Segala daya ekonomi, politik, sosial, dan budaya telah berkali-kali diupayakan oleh rakyat, namun berkali-kali pula mereka dimiskinkan. Bukan karena nasib mereka menjadi miskin, tetapi sebuah sistem ekonomi politik yang memiskinkan mereka. Sistem ekonomi yang membuat upah para pekerja semakin rendah nilainya walau jumlahnya bertambah. Sistem ekonomi yang terus membuat harga bahan pangan semakin mahal dan tak menentu. Sistem pendidikan yang pilih kasih, yang hanya mengistimewakan murid murid dari orang tua yang tingggi pendapatannya. Pun dengan sistem kesehatan dan lain lainnya. Seluruhnya adalah akibat dari sistem kapitalisme yang paling primitif yang diterapkan di Indonesia.

 

Karenanya kami berdiri di sini untuk membangun kekuatan bersama rakyat, melawan kemiskinan dan pemiskinan. Karenanya kami berupaya selama belasan tahun terakhir mengumpulkan dan melayani kebutuhan masyarakat miskin. Karenanya kami berupaya terus untuk melatih rakyat miskin berani memperjuangkan hak-haknya.

 

Namun kami sadar, perjuangan yang kami lakukan sungguh berat. Kami sadar bahwa yang kami lakukan mengundang cemooh dan hinaan. Kami sadar kemampuan kami terbatas dan yang bisa kami lakukan juga tidak seberapa. Namun justru karena segala kekurangan itu membuat kami semakin dekat dengan rakyat miskin. Sehingga walau tak punya apa-apa kami tetap bersama dengan rakyat miskin.

 

Akhir kata kami ingin mengakhiri manifesto ini dengan slogan kami: Pangan, Pekerjaan, Perumahan, Pendidikan, Kesehatan dan Energi untuk Semua!

 

Cianjur, 3 Juli 2013